Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Hipotensi adalah keadaan dimana tekanan darah seseorang berada di bawah angka normal yaitu 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Seseorang yang tekanan darahnya rendah akan mengalami gejala seperti pusing, penglihatan kabur, kelelahan, bahkan sampai pingsan.

Tekanan darah yang turun di bawah batas normal ini bisa dipengaruhi beberapa hal misalnya aktivitas yang terlalu berat, kurang tidur, atau asupan makanan yang salah.

Bagi orang normal, jika tekanan darah turun mungkin tidak akan menyebabkan sesuatu hal yang fatal. Tetapi bagi lansia atau penderita penyakit tertentu, jika suplai darah ke otak berkurang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu tekanan darah harus segera dinaikkan kembali ke angka normal, salah satu caranya dengan memperhatikan asupan makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Berikut beberapa makanan untuk darah rendah:

  1. Telur

Anemia atau kekurangan darah merupakan penyebab dari tekanan darah rendah. Anemia biasanya dipicu karena seseorang kekurangan vitamin B12 di dalam tubuhnya. Oleh karena itu bagi penderita darah rendah dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 seperti telur. 

  1. Daging

Selain telur, makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging merah. Penderita darah rendah sangat dianjurkan banyak mengkonsumsi daging untuk menaikkan tekanan darahnya. Tetapi perlu diperhatikan jumlah dan cara mengolahnya agar tidak menyebabkan penyakit yang lain.

  1. Buat Bit

Buah ini dapat meningkatkan jumlah hemoglobin darah, sehingga dapat mencegah anemia. Secara tidak langsung buah ini juga mencegah tekanan darah menurun. Buah ini bisa dibuat jus atau ditambahkan ke dalam menu masakan untuk bisa didapatkan manfaatnya.

  1. Hati Ayam

Selain kekurangan vitamin B12, biasanya darah rendah disebabkan karena kekurangan asam folat. Untuk menaikkan tekanan darah menuju angka normal, dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung asam folat seperti Hati Ayam. 

  1. Asparagus

Selain Hati Ayam, makanan yang banyak mengandung asam folat adalah Asparagus. Sayuran ini, dapat membantu menaikkan tekanan darah dan memiliki banyak kandungan nutrisi. 

  1. Bayam

Sayur bayam juga kaya akan kandungan asam folat dan zat besi sehingga bisa membantu mengatasi darah rendah. Selain itu bayam merupakan sumber protein, vitamin A, kalium, kalsium, dan magnesium yang bagus untuk tubuh.

  1. Ikan Asap

Seringkali orang mengatakan bahwa makanan yang terlalu asin bisa menyebabkan darah tinggi. Justru ini bagus bagi penderita darah rendah untuk memakan makanan yang banyak mengandung garam, salah satunya adalah Ikan Asap. Tetapi perlu diperhatikan agar tidak mengkonsumsi ikan asap secara berlebihan. 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan untuk darah rendah yang baik karena dapat dicerna secara perlahan, sehingga secara perlahan bisa menaikkan tekanan darah. 

  1. Zaitun

Buah ini memiliki kandungan Sodium yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Buah Zaitun bisa dimakan secara langsung atau dijadikan campuran untuk salad. 

  1. Pisang

Buah pisang banyak mengantung zat gizi dan mineral yang bisa menstabilkan tekanan darah. Tidak hanya penderita darah rendah, penderita darah tinggi juga dianjurkan untuk secara rutin memakan buah pisang untuk menstabilkan tekanan darah. 

  1. Kismis

Selain buah pisang, buah yang bagus dikonsumsi secara rutin adalah buah Kismis. Buah ini bagus untuk meningkatkan fungsi kelenjar adrenal yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tekanan darah.

Masyarakat beranggapan bahwa makanan untuk darah rendah yang baik adalah makanan pantangan untuk penderita darah tinggi. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak bijak juga jika ditelan mentah-mentah. 

kunjungi link: Panduan Bermain Bersama Bandar Togel Online Hongkong Terbaik

Untuk menaikkan tekanan darah menuju angka normal, harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya, apakah kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, atau karena anemia. Sehingga setelah diketahui penyebabnya, bisa memilih makanan yang tepat untuk mengatasinya.

Diluar rekomendasi makanan untuk penderita darah rendah tersebut, lebih baik untuk menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari tekanan darah yang tidak normal.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai